CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »
Mendesain ruang kelas untuk Playgroup dan TK, Membuat mading, Membuat desain sekolah (kelas sesuai tema) untuk Playgroup dan TK, Membuat hasil karya edukatif untuk anak-anak, Membuat hasil karya dari bahan daur ulang, Motivator untuk guru-guru kreatif, Mendesain panggung pensi&wisuda, dll.
Contact Person: 0817 782 342


Saturday, March 23, 2013

Membuat dekorasi panggung wisuda dan pentas seni Playgroup,TK dan SD



Yang harus di siapkan adalah;
1. Gedung (kelas/sekolah/gedung sewa)
2. Kapasitas pengunjung (tamu undangan/guru/orangtua murid/siswa)
3. ruang pertemuan (flat/bertingkat/teater)
4. fasilitas umum (parkir/sirkulasi keluar masuk(lobby)/ruang ganti/toilet/ruang    tunggu/musholla
5. sound system/meja/kursi/lampu/dekorasi/perlengkapan penunjang
Yang harus dilakukan adalah;
1. Melihat dana dan mencari sponsor
2. membentuk panitia
3. menentukan tema, logo sekolah dan logo pensi
4. merencanakan konsumsi
5. membuat kostum wisuda dan pentas seni
6. membuat undangan
7. membuat souvenir
8. membuat dekorasi
Persiapan dan rancangan dekorasi;
1.      Spanduk, tanda panah, baleho atau banner, tulisan besar untuk di luar gedung sampai masuk dalam area parkir, arah ke gedung dan sebagainya.

2.      Lobby untuk terima tamu;
meja tamu, daftar hadir/absensi undangan, souvenir dan produk sponsor (kalau ada), gerbang pintu masuk sebaiknya di buat seindah mungkin dengan desain yang sesuai dengan tema acara, menentukan warna dasar yang akan dipakai untuk rangkaian acara (dari meja tamu sampai meja konsumsi dan dekorasi keseluruhan gedung). Peletakan judul, tema, logo, tulisan tidak boleh salah. Sebaiknya di letakkan pada tempat yg mudah dilihat.
Penambahan balloon gate akan menjadi satu daya tarik tersendiri. Kalau ingin sedikit berkreasi, boleh ada sudut di selasar atau sepanjang pintu masuk, diisi dengan hasil karya dari barang bekas/botol bekas/dos bekas/dll dengan tampilan yang cantik.

3.      Koridor dan area konsumsi;
Bisa disentuh dengan karpet,hiasan bunga hidup/ilalang, balloon bentuk bunga atau tiang untuk umbul-umbul, dll. Dibuat tulisan atau tanda panah agar undangan tidak salah masuk, misalnya; pintu masuk dan keluar gedung/konsumsi untuk tamu vip/undangan/guru/panitia/orangtua, toilet pria/wanita, tentunya dengan materi yang indah dan berkesan. Misalnya temanya tentang bunga, berikan sentuhan bunga-bunga dalam setiap desain dan tulisan untuk gedung tersebut.

4.      Panggung utama dan bawah panggung

Wisuda;
Sebaiknya di dasari dengan layar putih polos tanpa tulisan apapun, di tengah panggung, digantung logo sekolah dengan diameter 1 meter dengan tinggi yang telah di sesuaikan dengan tinggi rata-rata anak-anak, dan tulisan tentang acara tersebut di letakkan di sudut belakang MC, agar selalu terbaca saat proses pengambilan gambar. Letakkan juga bendera merah putih dan bendera sekolah (kalau ada). Penempatan trap wisuda sesuai dengan jumlah anak dan tinggi anak, agar semua terlihat dari arah penonton. Kemudian di bawah panggung di hias sesuai dengan tema, bunga hidup dan perdu, batu-batuan untuk menambah keindahan dekorasi. Biasanya letak kursi tamu yang paling depan  (undangan vip) terdapat meja tamu, bisa kita hias dengan rangkaian buket bunga hias, buah-buahan segar, minuman, permen,kue-kue dan tissue.

Pentas Seni;
Kegiatan yang paling dinantikan setiap akhir tahun, karena di situlah orangtua murid bangga pada penampilan anak-anaknya yang biasanya selalu disajikan melalui operet, gerak dan lagu, tarian, menyanyi, music, drama dan selalu memakai kostum yang menarik. Perencanaan yang matang dari guru-guru di sekolah menjadikan suksesnya acara tersebut.
Hal yang utama harus diperhatikan dalam suatu pentas seni adalah, tema dan cerita pada panggung tersebut, kapasitas panggung untuk berapa anak? Sesuai kah dengan anak-anak sebagai peran utama? semua harus di sajikan dengan tepat, sesuai dengan usia anak-anak dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan tema cerita tersebut. Pesan dalam cerita yang ditampilkan anak-anak harus sampai kepada penonton, menciptakan emosi dari awal, menguras perasaan,alur cerita yang jelas dan menarik, serta klimaks yang memukau, sehingga penampilan itu menjadi kebanggaan semua pihak. Yang harus dicatat, bahwa dekorasi tidak boleh terlalu berlebihan sehingga bisa menutup penampilan anak-anak. Sesuaikan dengan desain yang indah dan tidak membahayakan anak-anak, dan tidak mengganggu area panggung, tidak boleh ada kabel atau standing mike agar aman untuk anak-anak. Sebaiknya untuk pentas seni, semua music sudah di rekam di studio, untuk memudahkan penampilan.
Perlu di atur tata lampu panggung, setting yang menonjol, posisi anak-anak saat tampil dan permainan cahaya lampu yang mendukung dekorasi panggung menjadi lebih hidup.
Atur pula jeda waktu keluar masuk penampilan anak dengan penampilan berikutnya, agar tidak saling bertabrakkan dan bersentuhan karena akan mengganggu kostum dan asesoris anak. Siapkan pula property untuk penampilan tertentu, misalnya; perlu membawa kursi atau sepeda dalam tariannya? setelah seluruh penampilan selesai, menjelang closing  selalu ada ucapan terima kasih dan balloon drop serta pita-pita yang berwarna-warni.
 Seluruh panitia dan guru-guru, sebaiknya memikirkan secara detail kegiatan pentas seni ini, jangan lupakan kondisi kesehatan anak-anak, kenyamanan anak-anak, serta konsumsi anak-anak, sambil menunggu penampilan, mereka sangat membutuhkan makan dan minum, Suasana yang gembira agar perasaan mereka tetap terjaga dan penampilannya bisa bagus dan alami, ceria dan tersenyum.
Selamat berkarya teman-teman guru, jangan lupa selalu ucapkan terima kasih kepada anak-anak, karena anak-anak lah yang bisa membuat seorang guru bisa tertawa dan menangis bahagia pada akhir acara…

0 comments:

Post a Comment